Aplikasi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Menciptakan Generasi Kreatif

syafrianto, 04 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN -- Bupati Pasaman Yusuf Lubis membuka acara Pelatihan Akbar untuk guru TK/RA/PAUD sederajad se-Kabupaten Pasaman di GOR Tuanku Rao Lubuksikaping, Jum'at (04/10).

"Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan salah satu program prioritas pembangunan pendidikan Nasional, yang sasarannya mewujudkan pendidikan yang berkeadilan, bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat,katanya.

Kata Bupati, program satu jorong satu PAUD di Pasaman yang telah di canangkan sejak tahun 2011, telah menjangkau hingga pelosok. Bahkan, pertumbuhan lembaga PAUD pun sangat pesat di Pasaman. Kondisi ini mengambarkan bahwa masyarakat Pasaman telah mensukseskan program wajib PAUD satu tahun pra SD.

"Sesuai data Dapodik per 31 Agustus 2019, jumlah PAUD sebanyak 307 lembaga, terdiri dari 81 TK, 216 kelompok bermain, 8 taman penitipan anak, dan 2 satuan paud sejenis (SPS). Jumlah peserta didik sekitar 9.000 orang, jumlah pendidik 1.157 orang. Guru yang kualifikasi pendidikan sarjana PAUD berjumlah 279 orang, sarjana lainnya 260 orang, dan pendidikan SLTA sederajad 493 orang," terang Bupati.

Yusuf Lubis menyebutkan, program tersebut bertujuan menyiapkan mental dan sosial anak sebelum memasuki pendidikan dasar. "Selain itu, wajib PAUD satu tahun pra SD juga bertujuan untuk menurunkan angka putus sekolah di kelas awal sekolah dasar, serta menunjang kelancaran program wajib PAUD satu tahun pra SD dan dalam rangka meningkatkan kualitas PAUD," katanya.

Dijelaskannya, tahun 2019 ini pemerintah pusat telah mengalokasikan dana sebesar Rp4,4 trilyun rupiah untuk membantu biaya operasional penyelenggaraan PAUD. "Alhamdulillah, tahun ini Pasaman mendapat bantuan dana BOP PAUD sebesar Rp5,3 miliar. Tidak hanya non fisik, dibidang fisik pun Pasaman dibantu sebesar Rp2,1 miliar. Sedangkan dana APBD Pasaman untuk fisik dan non fisik dianggarkan sebesar Rp3,5 miliar. Termasuk untuk pembangunan gedung, pengadaan alat permainan edukatif, pengadaan moubiler, serta kegiatan untuk peningkatan kompetensi tenaga pendidik, lomba kreativitas pendidik dan anak didik," paparnya.

Lebih jauh Bupati mengatakan, pendidik PAUD juga dituntut meningkatkan kompetensinya. Untuk di Pasaman, peningkatan kompetensi pendidik PAUD sebanyak 753 orang, dan masih berkualifikasi pendidikan bukan sarjana PAUD. Pemkab Pasaman telah menuntaskannya melalui diklat berjenjang tingkat dasar yang telah dilaksanakan semenjak 2016 melalui dana APBN, APBD dan dana Nagari. "Dalam pelatihan itu, Pemkab Pasaman melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan HIMPAUDI Pasaman. Dan Insya Allah tahun 2020 2024 akan dilaksanakan diklat berjenjang PAUD untuk tingkat lanjutan dan tingkat mahir. Sehingga kelayakan sebagai guru PAUD telah memenuhi persyaratan sesuai standar nasional pendidikan anak usia dini," ujar dia.

Ketua HIMPAUDI Kabupaten Pasaman, Ny Suryani Yusuf Lubis mengatakan, Himpaudi, memiliki tekad yang kuat dalam peningkatan kualifikasi pendidik, dan tenaga kependidikan anak usia dini. "Kita juga menampung, memperjuangkan, mewujudkan aspirasi, peningkatan profesionalisme dalam pelaksanaan PAUD serta sebagai sarana untuk pengembangan profesinya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kabid PAUD dan PNF, Boy Chandra Lubis mengatakan, pelatihan Akbar dengan tema "Aplikasi pendidikan holistik berbasis karakter" ini dilaksanakan untuk meningkatkan komunitas guru TK/Paud sederajad serta untuk menyebarluaskan pendidikan karakter guna membentuk generasi masa depan yang cerdas, kreatif dan berkarakter. 

"Melalui kegiatan ini, kita tanamkan pendidikan akhlak dan karakter sejak dini, untuk menciptakan generasi yang tumbuh cerdas, berkarakter dan berakhlak mulia, untuk membentengi generasi emas kita dari pengaruh teknologi dan komunikasi yang sangat pesat saat ini," tutupnya.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu